Home » , , » Babel Siap Dirikan Kampus Pariwisata

Babel Siap Dirikan Kampus Pariwisata

Gp0zp0VUaS

Bangka Belitung - Tahu dong cerita Laskar Pelangi? Dalam novelnya, Andrea Hirata mendeskripsikan keindahan Belitung dengan begitu apik. Film Laskar Pelangi pun mampu menghadirkan visualisasi deskripsi Andrea Hirata menjadi kian menarik. Sontak, banyak orang jatuh cinta pada Belitung. Sejak kemunculan novel dan film Laskar Pelangi beberapa tahun lalu, arus wisatawan ke Belitung pun meningkat.

Potensi wisata Belitung inilah yang menjadi alasan Universitas Bangka Belitung (UBB) menyatakan kesiapan untuk membantu proses pendirian politeknik pariwisata negeri di Belitung. Sebenarnya, wacana pendirian perguruan tinggi pariwisata sendiri sudah lama dibicarakan oleh pemda dan masyarakat Belitung.

Rektor UBB, Prof.Dr. Bustami Rahman,M.Sc, ketika menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Bangka Belitung, Ir. Tellie Gozalie dan Direktur Politeknik Manufaktur negeri Bangka Belitung, Dede Buchori Muslim, Dipl. Ing. HTL, MT, belum lama ini menekankan keseriusannya membentuk perguruan tinggi berbasis pariwisata di Belitung. Niat ini, kata Bustami, akan diwujudkan melalui kerjasama dengan Polman Babel.

"Pendirian Politeknik Parisiwata merupakan hal yang realistis saat ini di Belitung. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga bahwa UBB akan mendirikan fakultas kelautan untuk masa mendatang di Belitung. Rencana ini akan disesuaikan dengan perkembangan UBB nantinya," kata Bustami, seperti dikutip dari laman UBB, Jumat (17/1/2014).

Rencananya, UBB dan Polman Babel akan bekerjasama dengan Politeknik Pariwisata Bali yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata. Selain itu, pertengahan Februari mendatang dijadwalkan sebuah pertemuan intensif antara UBB, Polman Babel, Pemda Belitung dan stakeholder lain untuk membicarakan rencana pendirian politeknik pariwisata di Belitung ini.

Menurut Direktur Politeknik Manufaktur negeri Bangka Belitung, Dede Buchori Muslim, Dipl. Ing. HTL, MT, saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kesempatan seluasnya untuk mendirikan politeknik. Dengan begitu, upayta pendirian politeknik pariwisata di Belitung menjadi lebih mudah. 

"Ada beberapa hal yang mesti disiapkan untuk membentuk politeknik pariwisata, di antaranya kesiapan sarana prasarana, bangunan serta sistem,"  imbuh Dede.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Aditya Nusantara | Defila Shop | Imaka Malang
Copyright © 2014. BERITA TERBARU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger